Debat Calon Presiden Minggu Depan Bersama BEM UI

- Penulis Berita

Sabtu, 9 September 2023 - 21:40

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pemilihan Presiden di Indonesia selalu menjadi momen yang dinanti-nanti kan oleh masyarakat. Pemilihan pemimpin negara adalah bagian yang penting dalam demokrasi, dan salah satu wadah untuk mengevaluasi calon pemimpin adalah melalui Debat Calon Presiden. BEM UI yang merupakan akronim dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia telah mengundang tiga bakal calon presiden (bacapres), yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, untuk beradu gagasan dalam sebuah debat yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 September 2023.

 

Persiapan Debat Calon Presiden

Dalam upaya mewujudkan Debat Capres yang berkualitas, BEM UI telah melakukan persiapan matang. Pada tanggal 30 Agustus 2023, Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang, mengumumkan melalui unggahan di akun Instagramnya bahwa mereka telah mengirimkan undangan fisik kepada ketiga bacapres tersebut. Tindakan ini menunjukkan keseriusan BEM UI dalam menggelar acara tersebut.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kami pun siap jika diminta menjelaskan secara langsung mengenai detail acara kami pada tiap bacapres jika diminta,” kata Melki dalam unggahan tersebut. Video reels Instagram Melki juga menampilkan momen ketika undangan debat diterima oleh tim pemenangan masing-masing bacapres. Ini menunjukkan bahwa pihak BEM UI telah mengupayakan komunikasi yang baik dengan semua pihak terkait.

 

Tanggapan dari Universitas Indonesia

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik Universitas Indonesia, Amelita Lusia, memberikan tanggapan yang positif terhadap rencana BEM UI untuk menggelar Debat Calon Presiden. Amelita menjelaskan bahwa UI selalu merujuk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk kebijakan pemerintah yang akan memberikan arahan berkaitan dengan kampanye Pilpres 2024.

Amelita menuturkan bahwa UI merupakan institusi pendidikan tinggi yang menghormati kebebasan akademik civitas akademiknya dalam mendiskusikan, membedah, serta menawarkan solusi atas berbagai masalah dan juga dinamika yang terjadi di tengah masyarakat. Hal ini menegaskan bahwa UI mendukung kebebasan akademik dalam diskusi mengenai pemilihan presiden.

 

Undangan Resmi dan Respons Bacapres

Undangan resmi untuk Debat Calon Presiden telah dikirimkan kepada ketiga bacapres mulai tanggal 24 Agustus 2023. BEM UI kini menantikan respons lanjutan dari mereka. Salah satu bacapres, Anies Baswedan, dari Koalisi Perubahan, telah menyambut tantangan ini dengan antusias. Melalui akun Twitter-nya, Anies menyatakan, “Yuk, kapan?”

Selain siap untuk debat, Anies juga memiliki beberapa jadwal safari politik ke berbagai daerah bersama partai pengusungnya. Dia akan mengunjungi Madura dan beberapa wilayah lainnya di Jawa Timur pada tanggal 9 September 2023. Ini menunjukkan bahwa Anies Baswedan tidak hanya fokus pada debat, tetapi juga menjalankan kampanye aktif di berbagai daerah.

Sudirman Said, selaku jubir Bacapres Anies Baswedan, menjelaskan bahwa Anies akan menghadiri sejumlah undangan di berbagai kampus untuk bertemu dengan para mahasiswa. Salah satunya adalah tantangan debat dari BEM UI pada tanggal 14 September. “Dan juga beliau dinanti dan akan hadir dalam debat kandidat yang akan diselenggarakan oleh BEM UI pada pekan depan,” kata Sudirman.

 

Komitmen dari Prabowo Subianto

Prabowo Subianto, salah satu bacapres yang diundang, juga menunjukkan komitmennya untuk mengikuti acara debat. Ketua DPP Partai Gerindra, Habiburokhman, menyatakan bahwa Prabowo dan timnya siap menghadiri debat yang mempertemukannya dengan bacapres lainnya

“Bagus, bagus sekali, sebetulnya Pak Prabowo siap dan kita timnya Pak Prabowo juga siap,” ujar Habiburokhman. Ini adalah sinyal positif dari salah satu calon presiden yang diundang, menunjukkan bahwa mereka menghargai proses demokrasi yang melibatkan debat terbuka.

 

Ganjar Pranowo dan Dukungan Partai

Ganjar Pranowo, bacapres dari Koalisi Perubahan, juga menyambut baik rencana Debat Capres yang digelar oleh BEM UI. Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Said Abdullah, mengatakan bahwa Ganjar Pranowo siap hadir dalam acara tersebut.

Said Abdullah mengungkapkan bahwa pihak Ganjar akan datang dan siap turun ke kampus-kampus untuk berdebat. Ia juga melempar pujian bahwa BEM UI itu hebat. Ini menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo menghormati inisiatif dari BEM UI dan bersedia berpartisipasi dalam debat tersebut.

 

Debat Calon Presiden: Momen Pendidikan Politik

Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang, menjelaskan bahwa mereka akan melangsungkan program adu gagasan dari tiap bacapres pada tanggal 14 September 2023.  Debat Capres ini bukanlah hanya sekadar ajang atau wadah pertarungan politik, tetapi juga momen penting dalam pendidikan politik bagi mahasiswa dan masyarakat Indonesia.

“Kami mengundang seluruh anak muda, mahasiswa, dan berbagai elemen masyarakat lainnya untuk datang dan melihat ide-ide besar tiap calon pemimpin untuk masa depan bangsa,” kata Melki. Ini adalah panggilan untuk semua warga negara Indonesia, terutama generasi muda, untuk ikut serta dalam proses politik dan mendengarkan gagasan dari calon pemimpin mereka.

Meskipun Debat Calon Presiden ini diadakan sebelum masa kampanye resmi dimulai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menjelaskan bahwa Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto belum resmi menjadi calon presiden. Oleh karena itu , mereka masih bebas bersilaturrahim, diskusi dan debat dengan siapa pun dan bertempat dimana saja, termasuk di dalam kampus. Aktivitas tersebut tidak termasuk pelanggaran pemilu. Begitu kata Hasyim selaku ketua KPU.

Berita Terkait

Terjadi Lagi Penyiraman Air Keras Pada Pelajar SMK di Jakut
10 Gelar Honoris Causa Megawati
Survei Terbaru Capres 2024, Elektabilitas Anies Turun?
Musim Hujan Di Oktober Mulai Terlihat, Ini Data BMKG
Bom Bunuh Diri Di Turki, Didalangi Milisi Kurdi
KPK Geledah Rumah Mentan Syarul Yasin Limpo Tersangka Korupsi
Buntut Perselisihan Food Vlogger Codeblu VS Farida Nurhan
Diduga Hina ART RI, Sebuah Buku Dilarang Beredar di Malaysia

Berita Terkait

Selasa, 3 Oktober 2023 - 21:14

Preview UCL Napoli Vs Real Madrid, Cek Disini

Senin, 2 Oktober 2023 - 22:20

Preview Milan Vs Dortmund Liga Champions 2023

Minggu, 1 Oktober 2023 - 21:27

Hasil Liga Inggris Tadi Malam, City Kalah Mengejutkan

Sabtu, 30 September 2023 - 23:03

Update La Liga Spanyol, Barcelona Duduki Puncak Klasemen

Sabtu, 30 September 2023 - 16:23

Kawal Terus Jadwal Asian Games 30 September 2023

Sabtu, 30 September 2023 - 16:15

Big Match Liga Inggris Tottenham Vs Liverpool 2023

Sabtu, 16 September 2023 - 20:21

Piala Dunia U-17 Resmi Digelar Di Indonesia, Garuda Muda Siap Bersinar

Minggu, 10 September 2023 - 00:03

4 Olahraga Menurunkan Berat Badan, Cek Disini

Berita Terbaru

Berita

10 Gelar Honoris Causa Megawati

Selasa, 3 Okt 2023 - 21:26

Kesehatan

Mengenal Skinvestasi, Ampuh Cegah Penuaan Dini

Selasa, 3 Okt 2023 - 21:22

Olahraga

Preview UCL Napoli Vs Real Madrid, Cek Disini

Selasa, 3 Okt 2023 - 21:14