Duduk Perkara OJK Denda BCA 100 Juta

- Penulis Berita

Selasa, 17 Oktober 2023 - 22:16

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pada tanggal 13 Oktober 2023, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memutuskan untuk memberikan denda kepada PT Bank Central Asia Tbk atau BCA. Keputusan OJK denda BCA ini terkait dengan peran serta BCA dalam kasus pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di sektor pasar modal, yang juga melibatkan PT Berlian Aset Manajemen (BAM). Dalam konteks ini, BCA berfungsi sebagai bank kustodian untuk PT BAM, yang menjadikannya terlibat dalam insiden yang menimbulkan sanksi dari OJK.

Menurut penjelasan dari Deputi Komisioner Pengawas Pengelolaan Investasi Pasar Modal dan Lembaga Efek OJK, Yunita Linda Sari, PT Bank Central Asia Tbk atau BCA dikenai sanksi administrasi berupa denda sejumlah Rp100 juta. OJK denda BCA disebabkan oleh peran BCA sebagai bank kustodian dari PT Berlian Aset Manajemen (BAM). Tindakan ini diambil sebagai respons terhadap keterlibatan BCA dalam kasus pelanggaran aturan di sektor pasar modal, sehingga OJK mengambil tindakan tegas demi menjaga integritas dan kepatuhan terhadap regulasi dalam industri finansial.

 

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

OJK Denda BCA Karena Hal Ini

Dalam ranah aktivitas investasi, bank kustodian memegang peran yang amat krusial. Mereka adalah lembaga yang diberi tugas untuk memfasilitasi proses administrasi, mengamankan, serta mengawasi dengan penuh tanggung jawab terhadap aset keuangan dari entitas perusahaan maupun individu. Pentingnya bank kustodian juga diakui dan diatur secara jelas oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Hal ini menegaskan betapa vitalnya keterlibatan lembaga ini dalam menjaga integritas serta keamanan dari portofolio investasi para pelaku pasar modal di Indonesia.

Lebih lanjut, dalam Undang-Undang tersebut diuraikan bahwa bank kustodian adalah pihak yang memegang fungsi krusial dalam mengelola investasi. Mereka memberikan jasa penitipan efek dan harta lain yang terkait dengan efek, serta menyediakan berbagai layanan lainnya. Tak hanya itu, bank kustodian juga mengelola segala hal terkait dengan penerimaan dividen, bunga, dan hak-hak lain yang dimiliki oleh para investor. Mereka juga memiliki kewenangan untuk memfasilitasi penyelesaian transaksi investasi atau efek, serta mewakili pemegang rekening nasabah dalam semua aktivitas investasi yang dilakukan.

OJK denda BCA senilai Rp100 juta pada tanggal 13 Oktober 2023 didasarkan pada Pasal 8 ayat (1) dan Pasal 8 ayat (3) dari Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 23/POJK.04/2016. Pasal 8 Ayat 1 menegaskan bahwa dalam kasus komposisi portofolio efek dari reksa dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) tidak sesuai dengan kebijakan investasi yang telah ditetapkan, bank kustodian wajib memberikan pemberitahuan kepada manajer investasi dan OJK.

Sementara Pasal 8 Ayat 3 berfokus pada ketentuan jika komposisi portofolio efek dari reksa dana berbentuk KIK belum sesuai dengan ketentuan atau kebijakan investasi yang telah ditetapkan dalam KIK, maka bank kustodian wajib melaporkan hal tersebut kepada OJK. Selain itu, Pasal 7 ayat (2) dan Pasal 8 ayat (2) POJK Nomor 23/POJK.04/2016 juga terlibat, di mana PT BAM memiliki portofolio Efek yang diterbitkan oleh satu Pihak yang lebih dari 10% Nilai Aktiva Bersih (NAB).

 

Sanksi Juga Dikenakan Untuk PT BAM 

Dalam konteks ini, sanksi juga dikenakan kepada PT BAM, dengan sanksi administratif berupa denda sebesar Rp 525 juta. PT BAM juga mendapatkan perintah tertulis untuk menyelesaikan pembubaran Reksa dana Berlian Khatulistiwa Saham.

OJK menetapkan bahwa PT BAM harus melaporkan kemajuan terkait pelaksanaan perintah tertulis tersebut setiap bulannya. Jika dalam waktu 6 bulan PT BAM tidak memenuhi perintah tertulis, maka akan ada sanksi administratif berupa pencabutan izin usaha manajer investasi.

Manajemen PT BCA (Bank Central Asia) Tbk. segera memberikan respons terhadap OJK denda BCA dengan sikap terbuka. EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, dengan jelas menyatakan bahwa BCA berkomitmen untuk sepenuhnya mematuhi dan menghormati keputusan serta ketentuan yang telah ditegaskan oleh OJK. Hera menegaskan bahwa BCA akan terus beroperasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk menjalankan fungsi sebagai Bank Kustodian, dengan itikad baik untuk menjaga integritas dan kredibilitas perusahaan dalam industri keuangan.

Pemeriksaan atas kasus pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal oleh PT Berlian Aset Manajemen telah mengungkapkan keterlibatan BCA selaku bank kustodian. Hal ini mendorong OJK untuk memberlakukan sanksi administratif berupa denda sebesar Rp100 juta. Sanksi serupa juga diterapkan terhadap PT BAM, yang diharuskan menyelesaikan pembubaran Reksa Dana Berlian Khatulistiwa Saham dalam jangka waktu 6 bulan.

OJK denda BCA ini mencerminkan komitmen OJK dalam memastikan kepatuhan para pelaku pasar modal terhadap peraturan dan ketentuan yang berlaku. Langkah tegas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini diharapkan tidak hanya sebagai tindakan punitif semata, melainkan juga sebagai momentum penting dalam memberikan pembelajaran yang berharga bagi semua entitas terlibat dalam industri ini. Hal ini menggarisbawahi betapa vitalnya ketaatan terhadap ketentuan hukum dan regulasi guna menjaga stabilitas dan integritas pasar modal, serta membangun kepercayaan investor dan stakeholders terhadap seluruh ekosistem finansial.

Berita Terkait

Update IHSG Hari Ini, Akhir Tahun Menunjukkan Penguatan
Ramai Digunakan, Penumpang Kereta Cepat Whoosh Capai 21 Ribu Dalam Sehari
Laporan Anggaran BI 2023 Diperkirakan Surplus Rp 27,19 T
Rupiah Menguat, Harga Dollar AS Hari Ini Sentuh Rp15.689
Honorer Resmi Dihapus Usai Jokowi Tandatangani UU ASN 2023
Jokowi Putuskan Untuk Rem Investasi Asing di IKN, Baik atau Buruk?
Cara Mengatur Anggaran Bulanan Untuk Mencapai Tujuan Keuangan
Tips Mengelola Keuangan Pribadi yang Efektif

Berita Terkait

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:37

Banjir Jakarta Timur Capai Ketinggian Hampir 2 Meter?

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:34

Kiki Fatmala Meninggal Dunia Berjuang Lawan Komplikasi Kanker

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:23

Pengungsi Rohingya Tidak Puas Dengan Makanan Yang Diberikan, Ini Kronologinya

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:21

Elon Musk Dukung Israel, Berikan Sumbangan Dan Siap Memfasilitasi

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:17

Agresi Gaza Belum Selesai, Perdana Menteri Israel Angkat Bicara

Jumat, 1 Desember 2023 - 16:43

Pria Tewas Tanpa Identitas di Malang Tergeletak Bersimbah Darah

Jumat, 1 Desember 2023 - 15:49

Gencatan Senjata Israel Hamas Diperpanjang, Namun Serang Tepi Barat?

Kamis, 30 November 2023 - 21:16

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah Indonesia Dilanda Banjir

Berita Terbaru