Investasi Saham Vs Investasi Kripto, Mana Lebih Unggul?

- Penulis Berita

Sabtu, 9 September 2023 - 00:20

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Investasi saham dan investasi kripto merupakan dua aset dengan peminat terbanyak sekarang ini. Ya, kita tentu ingin menghasilkan uang tanpa melakukan pekerjaan. Banyak orang ingin mendapatkan imbal hasil atas investasi yang mereka lakukan. Berbeda dengan zaman dahulu di mana investasi hanya terpaku pada logam mulia dan emas saja, kini Anda juga mengenal opsi investasi lainnya yang lebih modern. Salah satu dari investasi yang paling banyak diminati di tahun 2023 ini tentunya yaitu mata uang kripto.

 

Perbedaan Signifikan Investasi Saham Dan Kripto

Investasi adalah sebuah kegiatan di mana kita menanamkan modal dengan cara membeli aset tertentu. Kita sebagai investor akan mendapat imbal hasil berupa gain kenaikan harga aset dan juga deviden. Dalam aset saham, deviden ini akan dibagikan setahun sekali. Biasanya pada akhir tahun, para investor akan memperoleh deviden berdasarkan pada seberapa besar keuntungan dari perusahaan.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berbeda dengan aset saham di mana para investor akan memperoleh deviden, di mata uang kripto kita mengenal istilah lain. Kripto tertentu menghasilkan bagi hasil dengan cara staking atau menjadi validator. Selain itu, Anda juga bisa menjaminkan mata uang aset kripto melalui menu yang disediakan oleh aplikasi Exchange. Ini akan menghasilkan pendapatan tambahan bagi Anda. Meskipun nilainya tidak terlalu besar, imbal hasil dari staking nyatanya dapat dicompound secara otomatis.

Saham juga terkenal dengan fundamentalnya yang kuat. Saham di market sekarang ini tidak bisa melakukan listing tanpa melalui proses audit serta tahapan panjang lainnya. Sebuah aset investasi saham bisa diakui jika mempunyai perusahaan yang berdiri di atasnya. Sebagai contoh BBRI yang dimiliki oleh Bank BRI, BBCA dari BCA Group, dan lain sebagainya.

Aset kripto mempunyai perbedaan yang signifikan di bagian ini. Mata uang kripto dapat mempunyai nilai apabila di dalamnya digunakan oleh para user. Bukan ada perusahaan yang menjalankan di baliknya, mata uang kripto akan sangat berharga apabila teknologi yang dibawa digunakan oleh banyak orang. Sebagai contoh Bitcoin yang menjadi pionir transaksi mata uang secara digital. Dan juga dalam beberapa tahun terakhir kita juga mengenal koin Ethereum sebagai pelopor blockchain dengan teknologi smart contract yang ada di dalamnya.

 

Preferensi Investasi Saham Dan Mata Uang Kripto Dari Potensinya

Investasi di pasar saham dan mata uang kripto adalah dua pilihan investasi yang populer dan memiliki potensi yang berbeda. Pertama, investasi di saham memiliki potensi untuk memberikan keuntungan jangka panjang yang stabil. Saham merupakan kepemilikan dalam suatu perusahaan dan nilainya dipengaruhi oleh performa perusahaan tersebut. Dalam jangka panjang, saham dapat memberikan keuntungan yang signifikan melalui kenaikan harga saham dan pembayaran dividen. Saham juga memberikan kesempatan untuk menjadi pemilik bisnis yang sukses dan mendapatkan bagian dari keuntungan perusahaan tersebut.

Di samping itu, investasi saham juga memberikan keuntungan diversifikasi. Dengan memilih saham dari berbagai sektor dan industri, investor dapat mengurangi risiko dengan menyebar investasi mereka. Hal ini penting karena pergerakan harga saham dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi, politik, dan industri yang berbeda. Dengan diversifikasi yang baik, investor dapat meminimalkan risiko dan meningkatkan potensi keuntungan investasi mereka.

Seperti yang kita tahu, mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum memiliki potensi keuntungan yang tinggi namun juga risiko yang lebih tinggi. Mata uang kripto adalah bentuk aset digital yang menggunakan teknologi blockchain untuk mengamankan transaksi dan mengatur penciptaan baru. Keuntungan utama dari mata uang kripto adalah volatilitasnya yang tinggi, yang dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan dalam waktu singkat. Namun, volatilitas ini juga berarti risiko kerugian yang tinggi.

Mata uang kripto juga menawarkan kebebasan dan anonimitas yang lebih besar dalam bertransaksi. Transaksi mata uang kripto dapat dilakukan secara global dan tanpa keterlibatan pihak ketiga seperti bank atau lembaga keuangan. Hal ini memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih besar bagi investor, terutama di negara-negara dengan sistem keuangan yang terbatas.

Investasi mata uang kripto juga memiliki risiko yang signifikan. Volatilitas yang tinggi dapat menyebabkan harga mata uang kripto anjlok dengan cepat, yang dapat mengakibatkan kerugian besar bagi investor. Selain itu, regulasi yang belum jelas dan rentan terhadap manipulasi pasar juga menjadi risiko bagi investasi mata uang kripto.

Dalam memilih preferensi investasi antara saham dan mata uang kripto, penting untuk mempertimbangkan profil risiko dan tujuan investasi Anda. Jika Anda mencari investasi jangka panjang dengan keuntungan yang stabil, saham mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika Anda bersedia mengambil risiko yang lebih tinggi dengan potensi keuntungan yang lebih besar, mata uang kripto dapat menjadi pilihan yang menarik.

Tetaplah menyadari bahwa investasi saham dan mata uang kripto adalah subjek yang kompleks dan berisiko. Penting untuk melakukan riset yang mendalam, berkonsultasi dengan ahli keuangan, dan hanya menginvestasikan jumlah yang Anda siap untuk kehilangan. Dengan pendekatan yang hati-hati dan pemahaman yang baik tentang potensi dan risiko, Anda dapat membuat keputusan investasi yang cerdas.

Berita Terkait

Tak Setuju TikTok Shop Dilarang, Crazy Rich Surabaya Beri Usulan
Cara Membuat Anggaran Keuangan Yang Mudah Dan Benar
Pro dan Kontra Larangan Tiktok Shop Jualan Demi Lindungi UMKM
Istilah Investasi Yang Perlu Anda Ketahui
Harga Saham Tesla Turun 10% Minggu Lalu, Sinyal Beli?
Mobile Banking BCA Error, Jangan Lakukan Transaksi Apapun
Tips Menabung Dan Cara Investasi Yang Aman
Tips Membuat CV Untuk Lamaran Kerja, Cek Disini

Berita Terkait

Selasa, 3 Oktober 2023 - 21:14

Preview UCL Napoli Vs Real Madrid, Cek Disini

Senin, 2 Oktober 2023 - 22:20

Preview Milan Vs Dortmund Liga Champions 2023

Minggu, 1 Oktober 2023 - 21:27

Hasil Liga Inggris Tadi Malam, City Kalah Mengejutkan

Sabtu, 30 September 2023 - 23:03

Update La Liga Spanyol, Barcelona Duduki Puncak Klasemen

Sabtu, 30 September 2023 - 16:23

Kawal Terus Jadwal Asian Games 30 September 2023

Sabtu, 30 September 2023 - 16:15

Big Match Liga Inggris Tottenham Vs Liverpool 2023

Sabtu, 16 September 2023 - 20:21

Piala Dunia U-17 Resmi Digelar Di Indonesia, Garuda Muda Siap Bersinar

Minggu, 10 September 2023 - 00:03

4 Olahraga Menurunkan Berat Badan, Cek Disini

Berita Terbaru

Berita

10 Gelar Honoris Causa Megawati

Selasa, 3 Okt 2023 - 21:26

Kesehatan

Mengenal Skinvestasi, Ampuh Cegah Penuaan Dini

Selasa, 3 Okt 2023 - 21:22

Olahraga

Preview UCL Napoli Vs Real Madrid, Cek Disini

Selasa, 3 Okt 2023 - 21:14