Kronologi Kecelakaan Exit Tol Bawen yang Menewaskan 4 Orang

- Penulis Berita

Selasa, 26 September 2023 - 23:14

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kecelakaan maut yang mengguncang exit tol Bawen, Semarang pada malam Sabtu, 23 September 2023, telah menelan empat korban jiwa dan melibatkan 14 kendaraan. Kecelakaan Exit Tol Bawen terjadi sekitar pukul 18.34 WIB, ketika truk dengan nomor polisi AD 9911 IA diduga mengalami rem blong dan menabrak sejumlah kendaraan di lampu merah persimpangan exit Tol Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Sopir truk, yang saat itu menghantam sejumlah kendaraan dan menyebabkan kematian empat orang, saat ini sedang menjalani pemeriksaan oleh pihak berwenang. Namun, status dan tanggung jawab sopir truk tersebut tengah menjadi sorotan dalam kasus ini. Mari kita telusuri kronologi dan fakta-fakta yang terkait dengan kecelakaan ini.

 

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rem Blong Penyebab Kecelakaan Exit Tol Bawen

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Satake Bayu, menjelaskan bahwa kecelakaan maut terjadi di pertigaan dekat exit tol Bawen, Kabupaten Semarang, dan melibatkan 14 kendaraan, termasuk truk yang mengalami rem blong. Truk tersebut melaju dari arah utara ke selatan (dari arah Bawen menuju Salatiga) sebelum menabrak beberapa kendaraan di depannya. Kombes Satake Bayu Setianto juga mengonfirmasi bahwa peristiwa tragis ini diduga disebabkan oleh rem blong atau rem yang tidak berfungsi dengan baik ketika truk melintasi jalan menurun.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang, Tri Martono, mengungkapkan bahwa hasil pemeriksaan fisik truk tersebut memang menunjukkan bahwa rem tidak berfungsi dengan baik. Tri Martono menjelaskan bahwa salah satu penyebab utama dari masalah rem tersebut adalah habisnya oli pada sistem rem. Dia melanjutkan penjelasannya dengan menyebutkan bahwa selang dari tabung rem juga mengalami kehabisan gas atau angin yang diperlukan untuk pengoperasian rem. Kondisi ini merupakan faktor krusial yang mengakibatkan rem tidak berfungsi dengan baik atau rem blong. Selain itu, data juga menunjukkan bahwa truk tersebut sejak tahun 2015 tidak pernah menjalani uji kelaikan kendaraan bermotor.

Setelah melakukan olah TKP, AKP Himawan, Kasat Lantar Polres Semarang, memberikan kronologi lengkap mengenai kecelakaan Exit Tol Bawen. Menurutnya, insiden tragis ini terjadi saat truk melaju dari arah Semarang menuju Salatiga. Saat itu sopir truk tronton menyadari situasi yang membahayakan, kemudian ia berupaya menurunkan gigi untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Namun, ketika ia mencoba mengerem, rem tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Usaha kerasnya untuk menghentikan truk tidak membuahkan hasil, sehingga truk terus meluncur dengan kecepatan tinggi dan tak terkendali, akhirnya menabrak kendaraan di depannya. Hal ini menjadi poin penting dalam rekonstruksi kejadian ini.

 

Saksi Mata Kecelakaan Exit Tol Bawen

Menurut saksi mata yang bernama Heru, truk tronton yang bergerak dengan mencurigakan itu telah menunjukkan tanda-tanda masalah rem sejak turun dari Dusun Semilir, yaitu sekitar 500 meter sebelum lokasi kecelakaan. Dia mencatat bahwa sopir truk tidak mengambil keputusan untuk berbelok kiri, padahal seharusnya hal itu dilakukan. Hal ini terjadi ketika lampu merah di persimpangan sedang menyala, menciptakan kondisi yang sangat riskan bagi semua pengguna jalan. Ujaran ini disampaikan oleh Heru ketika dia berada di lokasi kejadian.

Keterangan Heru tentang kejadian ini juga sejalan dengan rekaman CCTV yang beredar. Truk tersebut menabrak kendaraan di depannya dan bahkan menyebabkan pemotor di depannya terseret hingga truk berhenti. Mobil-mobil lainnya juga terjungkal akibat benturan yang hebat.

Saksi lainnya, Samsul, menggambarkan kondisi memprihatinkan dari korban yang meninggal di lokasi kejadian. Ada yang mengalami patah kaki, terutama pemotor yang secara langsung terkena dampak dari truk tersebut. Kejadian tragis ini merupakan momen yang tidak sempat untuk dihindari oleh para korban yang berhenti di lampu merah.

Oka Mahendra, salah seorang petugas yang terlibat dalam penanganan kecelakaan Exit Tol Bawen, menyampaikan informasi bahwa bertambah satu korban meninggal dunia di rumah sakit. Dengan ini, total korban jiwa akibat kecelakaan tersebut berjumlah empat orang. Selain empat orang yang meninggal dunia, ada pula 18 orang yang mengalami luka-luka dalam kecelakaan ini. Para korban luka telah dievakuasi ke RS At Tin Bawen dan RS Ken Saras. Jumlah kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan ini adalah empat mobil dan sembilan kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor.

Saat ini, polisi telah menetapkan sopir truk tronton, yang bernama Agus Riyanto (44) dan berasal dari Pacitan, Jawa Timur, sebagai tersangka. Tersangka saat ini ditahan di Rutan Polres Semarang. Dia dijerat dengan Pasal 310 ayat (4) Undang-undang Lalu Lintas Jalan dengan ancaman pidana 6 tahun penjara dan/atau denda maksimal Rp 12 juta.

 

Kecelakaan Exit Tol Bawen menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga korban yang meninggal dunia dan juga mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kondisi kendaraan bermotor agar selalu dalam keadaan baik dan aman. Semoga tragedi seperti ini tidak terulang dan kita semua bisa lebih berhati-hati di jalan raya. Karena kemanapun tujuan kita, keselamatan adalah prioritas utama.

 

Berita Terkait

PNS Gaji Tunggal Akan Segera Ditetapkan, Berikut Detailnya
Dunia Desak Israel Gencatan Senjata, Akankah Disetujui?
Kondisi WNI Di Gaza Memprihatinkan, Begini Tanggapan Dubes
RS Indonesia Di Gaza Hancur Diserang Tentara Israel
Biaya Haji Terbaru, Berikut Cara Mempersiapkannya
Peta Koalisi Partai Menuju Pilpres 2024, Mana Lebih Kuat?
Suku Rohingya Datang Ke Aceh, Warga Tolak Dengan Tegas
Gempa Filipina Sebesar 6,7 Magnitudo Sebabkan Kerusakan Cukup Parah

Berita Terkait

Senin, 27 November 2023 - 21:43

Rekor CR7 Belum Habis, Catatkan 48 Gol Di Tahun 2023

Sabtu, 25 November 2023 - 17:46

Semi Final Piala Dunia U-17 Semakin Menarik, Ada Jerman

Sabtu, 25 November 2023 - 17:43

Review Pertandingan Seru Argentina vs Brasil yang Sempat Ricuh

Senin, 20 November 2023 - 00:04

Hasil Indonesia Vs Maroko U-17, Laga Penentuan

Kamis, 16 November 2023 - 13:48

Jelang Ikuti Kualifikasi Piala Dunia, Ini Persiapan Timnas Indonesia

Senin, 13 November 2023 - 19:31

Indonesia Vs Ekuador Piala Dunia U-17 2023 Berakhir Imbang

Senin, 13 November 2023 - 19:28

Pembagian Grup dan Jadwal Piala Dunia U-17 2023

Minggu, 12 November 2023 - 20:36

Update Piala Dunia FIFA U-17, Pegawai FIFA Mulai Berdatangan

Berita Terbaru

Kesehatan

Tips Mengurangi Bau Badan Yang Ampuh

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:32

Teknologi

Resmi Gandeng Tokopedia, TikTokshop Kembali?

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:30

Teknologi

Rekomendasi Smartphone Android Kamera Terbaik 3 Jutaan

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:27

Kesehatan

Ketahui Penyebab Kanker Sebelum Terjadi, Ternyata Ini

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:23

Kesehatan

Cara Membersihkan Karang Gigi, Mudah Dan Aman

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:21