Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan, Wajib Tahu

- Penulis Berita

Selasa, 26 September 2023 - 22:53

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jika anda sering mengalami dehidrasi, mudah lemas, dan pusing, maka anda harus tahu tentang Manfaat Air Putih. Bagi kesehatan, air putih adalah salah satu komponen penting yang wajib anda konsumsi setiap hari. Mungkin banyak orang menganggap air putih sebagai minuman yang membosankan, tanpa rasa serta tidak memiliki tekstur saat diminum. Namun siapa sangka, ternyata meminum yang satu ini anda akan terhindari dari berbagai macam penyakit.

 

Banyak Orang Tidak Mengetahui Manfaat Air Putih

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Saat ini banyak orang memilih minuman manis ketimbang minum air putih. Memilih minuman manis daripada minum air putih telah menjadi kebiasaan yang umum di kalangan banyak orang. Ada beberapa alasan mengapa minuman manis sering dipilih sebagai alternatif minuman sehari-hari. Pertama, rasa manis yang menyenangkan dari minuman seperti soda, jus buah, atau minuman berenergi dapat memberikan kepuasan instan bagi lidah kita. Rasa manis ini seringkali dianggap lebih nikmat daripada air putih yang tidak memiliki rasa tambahan. Padahal sebenarnya, Manfaat Air Putih sangatlah besar bagi kesehatan kita.

Minuman manis seringkali lebih mudah diakses dan lebih populer di pasaran. Ketersediaan minuman manis yang beragam, seperti minuman bersoda di toko atau jus buah dalam kemasan, memudahkan kita untuk memilih minuman manis daripada minum air putih. Selain itu, minuman manis seringkali dipromosikan melalui iklan yang menarik dan menggugah selera, membuatnya semakin menarik untuk dikonsumsi.

Perlu diketahui diingat bahwa minuman manis sering mengandung tinggi gula dan kalori yang berlebihan. Konsumsi minuman manis yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya. Manfaat Air Putih, di sisi lain, adalah minuman yang bebas kalori dan tidak mengandung gula tambahan. Air putih penting untuk menjaga hidrasi tubuh, membantu fungsi organ yang optimal, dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi, penting untuk memprioritaskan minum air putih sebagai minuman utama sehari-hari. Jika kita ingin menambahkan variasi rasa, kita dapat mencoba alternatif sehat seperti infused water dengan tambahan buah-buahan atau herbal tea. Mengurangi konsumsi minuman manis dan meningkatkan minum air putih dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita dalam jangka panjang.

 

Manfaat Air Putih Untuk Menghindari Penyakit 

Jika anda sekarang masih memiliki kebiasaan buruk dengan jarang meminum air putih, pastikan sudahi kebiasaan tersebut. Jangan sampai di kemudian hari anda menyesal karena hal ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan air putih dapat menyebabkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Air putih sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan berperan dalam berbagai fungsi vital. Berikut beberapa penyakit yang dapat timbul akibat kekurangan air putih:

  • Dehidrasi

Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi, yaitu kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diambil. Dehidrasi dapat menyebabkan gejala seperti mulut kering, haus berlebihan, pusing, kelelahan, dan penurunan fungsi kognitif. Jika tidak segera ditangani, dehidrasi dapat berdampak serius pada organ tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

  • Gangguan Ginjal

Air putih membantu menjaga fungsi ginjal yang optimal. Kekurangan air putih dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Ketika tubuh kekurangan cairan, urine menjadi lebih terkonsentrasi, sehingga meningkatkan kemungkinan terbentuknya kristal yang kemudian dapat membentuk batu ginjal.

  • Gangguan Pencernaan

Air putih penting untuk proses pencernaan yang sehat. Kekurangan air putih dapat menyebabkan sembelit (konstipasi) karena kurangnya cairan dalam saluran pencernaan. Selain itu, air juga membantu melunakkan feses sehingga memudahkan buang air besar.

  • Masalah Kulit

Kekurangan air putih dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Kekeringan kulit, kulit kusam, dan peningkatan risiko terjadinya jerawat adalah beberapa masalah kulit yang dapat timbul akibat kurangnya asupan air yang cukup.

  • Masalah Kesehatan Lainnya

Kekurangan air putih juga dapat berkontribusi pada masalah kesehatan lain seperti migrain, kelelahan, gangguan konsentrasi, dan penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh.

 

Setelah memahami betapa pentingnya Manfaat Air Putih bagi kesehatan, tentunya ini akan memberi anda motivasi untuk lebih sering meminum air putih ketimbang jenis minuman lainnya. Dalam hal ini, ada beberapa tips yang mungkin bisa anda ikuti. Pertama, tentukan tujuan jumlah air yang ingin Anda minum setiap hari. Rekomendasi umum adalah 8 gelas air putih per hari (sekitar 2 liter), tetapi kebutuhan cairan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti aktivitas fisik, kondisi kesehatan, dan lingkungan. Tetapkan target yang realistis dan usahakan untuk mencapainya.

Jika Anda sering lupa minum air, atur pengingat pada telepon genggam atau gunakan aplikasi kesehatan yang dapat membantu mengingatkan Anda untuk minum air setiap beberapa jam. Kemudian apabila Anda merasa bosan dengan rasa air putih biasa, Anda dapat menambahkan rasa dengan cara seperti menambahkan irisan lemon, jeruk, atau mentimun ke dalam air. Anda juga bisa mencoba membuat infused water dengan menambahkan potongan buah-buahan atau daun mint ke dalam air dan membiarkannya meresap semalaman.

Berita Terkait

Waspadai Kanker Serviks Kenali Gejala dan Pencegahannya
Wabah Pneumonia Di China Gemparkan Warganet, Ini Faktanya
Jokowi Ungkap Tingkat Stress Guru Cukup Tinggi, Berikut Datanya
Tips Mengurangi Bau Badan Yang Ampuh
Ketahui Penyebab Kanker Sebelum Terjadi, Ternyata Ini
Cara Membersihkan Karang Gigi, Mudah Dan Aman
Tips Mengatur Gula Darah, Jauhi Diabetes
Ketahui Berbagai Macam Penyebab Sakit Perut

Berita Terkait

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:37

Banjir Jakarta Timur Capai Ketinggian Hampir 2 Meter?

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:34

Kiki Fatmala Meninggal Dunia Berjuang Lawan Komplikasi Kanker

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:23

Pengungsi Rohingya Tidak Puas Dengan Makanan Yang Diberikan, Ini Kronologinya

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:21

Elon Musk Dukung Israel, Berikan Sumbangan Dan Siap Memfasilitasi

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:17

Agresi Gaza Belum Selesai, Perdana Menteri Israel Angkat Bicara

Jumat, 1 Desember 2023 - 16:43

Pria Tewas Tanpa Identitas di Malang Tergeletak Bersimbah Darah

Jumat, 1 Desember 2023 - 15:49

Gencatan Senjata Israel Hamas Diperpanjang, Namun Serang Tepi Barat?

Kamis, 30 November 2023 - 21:16

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah Indonesia Dilanda Banjir

Berita Terbaru