Mengenal Bitcoin Halving, Event Terbesar Pasar Kripto

- Penulis Berita

Jumat, 13 Oktober 2023 - 22:24

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sebagai investor ataupun penggemar uang kripto, mungkin anda pernah mendengar istilah Bitcoin Halving. Istilah ini digaungkan selama empat tahun sekali. Banyak orang membicarakannya dan berharap bahwa harga bitcoin melambung tinggi hingga berkali kali lipat. Apakah selalu terjadi seperti ini? Kita akan membahasnya bersama – sama.

Kripto adalah sebuah mata uang digital yang belakangan diminati oleh banyak orang. Mata uang kripto sejalan dengan saham, yang mana kenaikannya bisa berkali – kali lipat. Banyak orang beranggapan bahwa mata uang kripto ini kedepannya mempunyai masa depan yang cerah. Layaknya saha, kripto juga bisa memiliki risiko tentunya. Tidak sepenuhnya percaya pada satu jenis investasi saja akan menyelamatkan portofolio anda kedepannya.

 

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kenapa Kripto Disukai Dan Apa Hubungannya Dengan Bitcoin Halving

Mata uang kripto terutama bitcoin memang menarik. Ada beberapa hal yang menyebabkan kripto disukai oleh masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Berikut adalah beberapa poin penjelasannya:

  • Volatilitas Harga Tinggi

Salah satu alasan utama adalah volatilitas harga yang tinggi. Kripto, seperti Bitcoin, sering mengalami fluktuasi harga yang signifikan dalam waktu singkat. Hal ini memberikan peluang bagi investor untuk mendapatkan keuntungan besar dalam jangka pendek jika mereka dapat mengantisipasi pergerakan harga dengan tepat.

  • Membawa Teknologi Baru

Kripto juga menarik minat investor karena membawa teknologi baru yang disebut blockchain. Blockchain adalah sistem yang digunakan untuk mencatat transaksi secara terdesentralisasi dan aman. Teknologi ini memiliki potensi untuk mengubah berbagai sektor, termasuk keuangan, logistik, dan lainnya. Investor tertarik dengan potensi pertumbuhan dan inovasi yang ditawarkan oleh teknologi blockchain.

  • Kecepatan Transaksi

Transaksi menggunakan kripto dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Dalam beberapa kasus, transaksi kripto dapat diselesaikan dalam hitungan detik atau menit, terlepas dari lokasi geografis. Kecepatan ini sangat menarik bagi investor yang ingin melakukan transaksi dengan cepat dan menghindari keterlambatan yang sering terjadi dalam sistem keuangan tradisional.

  • Terdesentralisasi

Kripto, seperti Bitcoin, bersifat terdesentralisasi. Artinya, tidak ada satu entitas atau otoritas tunggal yang mengendalikan atau mengatur kripto. Hal ini menarik bagi investor yang ingin memiliki aset yang tidak terikat dengan lembaga keuangan atau pemerintah tertentu. Terdesentralisasi juga memberikan keamanan dan privasi yang lebih tinggi bagi pemegang kripto.

  • Bitcoin Halving

Bitcoin, sebagai salah satu kripto terpopuler, mengalami halving setiap empat tahun. Halving adalah proses di mana jumlah bitcoin yang diberikan sebagai hadiah bagi para penambang baru dikurangi menjadi setengah dari sebelumnya. Proses ini mengurangi pasokan baru bitcoin dan potensial meningkatkan nilai bitcoin di pasar. Investor tertarik dengan potensi kenaikan harga yang terkait dengan halving ini.

 

Penjelasan Bitcoin Halving Sebagai Event Terbesar Kripto

Halving adalah peristiwa yang terjadi dalam jaringan BTC di mana hadiah blok yang diberikan kepada para penambang Bitcoin dibagi menjadi setengah dari jumlah sebelumnya. Hal ini terjadi setiap 210.000 blok yang ditambang, atau sekitar setiap 4 tahun.

Secara blockchain, Bitcoin Halving merupakan bagian dari protokol konsensus Bitcoin yang dirancang untuk mengendalikan pasokan Bitcoin yang ada di pasar. Setiap kali halving terjadi, hadiah blok yang diberikan kepada penambang baru akan berkurang setengahnya. Awalnya, hadiah blok adalah 50 Bitcoin, kemudian setelah halving pertama menjadi 25 Bitcoin, dan setelah halving kedua menjadi 12,5 Bitcoin. Hal ini akan terus berlanjut hingga jumlah Bitcoin yang dapat ditambang mencapai batas maksimal sebesar 21 juta Bitcoin.

Secara harfiah, halving Bitcoin adalah perubahan dalam mekanisme keuangan Bitcoin di mana hadiah yang diberikan kepada penambang Bitcoin berkurang setengahnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga inflasi Bitcoin dan menjaga nilai aset tersebut. Dengan mengurangi hadiah blok, halving mendorong penambang untuk terus menjaga keamanan dan keberlanjutan jaringan Bitcoin.

Bagaimana Bitcoin Halving akan mempengaruhi market secara keseluruhan?

  • Permintaan Yang Lebih Tinggi

Seiring dengan pendekatan halving, permintaan terhadap BTC cenderung meningkat. Hal ini terjadi karena banyak orang yang mendengar tentang halving dan memahami bahwa pasokan Bitcoin akan berkurang. Mereka mungkin mulai membeli Bitcoin sebagai upaya untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga yang mungkin terjadi setelah halving. Permintaan yang lebih tinggi ini dapat mengarah pada kenaikan harga Bitcoin.

  • Kenaikan Pasar Kripto Secara Keseluruhan

Bitcoin adalah kripto terbesar dan paling terkenal. Ketika terjadi halving BTC, hal ini sering kali memicu sentimen positif di pasar kripto secara keseluruhan. Investor dan trader mungkin mulai melihat potensi kenaikan harga di pasar kripto secara umum dan memutuskan untuk berinvestasi atau trading di berbagai aset kripto lainnya. Ini dapat menyebabkan kenaikan harga secara keseluruhan di pasar kripto.

  • Faktor Psikologis

Halving Bitcoin juga memiliki dampak psikologis pada investor dan trader. Faktor keterbatasan pasokan yang semakin menyadarkan banyak orang tentang nilai Bitcoin dan potensi kenaikan harga di masa depan. Hal ini dapat mendorong partisipasi lebih banyak orang dalam pasar kripto, baik individu maupun institusi. Sebagai akibatnya, likuiditas pasar dapat meningkat dan harga aset kripto lainnya juga dapat terpengaruh.

Berita Terkait

Update IHSG Hari Ini, Akhir Tahun Menunjukkan Penguatan
Ramai Digunakan, Penumpang Kereta Cepat Whoosh Capai 21 Ribu Dalam Sehari
Laporan Anggaran BI 2023 Diperkirakan Surplus Rp 27,19 T
Rupiah Menguat, Harga Dollar AS Hari Ini Sentuh Rp15.689
Honorer Resmi Dihapus Usai Jokowi Tandatangani UU ASN 2023
Jokowi Putuskan Untuk Rem Investasi Asing di IKN, Baik atau Buruk?
Cara Mengatur Anggaran Bulanan Untuk Mencapai Tujuan Keuangan
Tips Mengelola Keuangan Pribadi yang Efektif

Berita Terkait

Senin, 27 November 2023 - 21:43

Rekor CR7 Belum Habis, Catatkan 48 Gol Di Tahun 2023

Sabtu, 25 November 2023 - 17:46

Semi Final Piala Dunia U-17 Semakin Menarik, Ada Jerman

Sabtu, 25 November 2023 - 17:43

Review Pertandingan Seru Argentina vs Brasil yang Sempat Ricuh

Senin, 20 November 2023 - 00:04

Hasil Indonesia Vs Maroko U-17, Laga Penentuan

Kamis, 16 November 2023 - 13:48

Jelang Ikuti Kualifikasi Piala Dunia, Ini Persiapan Timnas Indonesia

Senin, 13 November 2023 - 19:31

Indonesia Vs Ekuador Piala Dunia U-17 2023 Berakhir Imbang

Senin, 13 November 2023 - 19:28

Pembagian Grup dan Jadwal Piala Dunia U-17 2023

Minggu, 12 November 2023 - 20:36

Update Piala Dunia FIFA U-17, Pegawai FIFA Mulai Berdatangan

Berita Terbaru

Kesehatan

Tips Mengurangi Bau Badan Yang Ampuh

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:32

Teknologi

Resmi Gandeng Tokopedia, TikTokshop Kembali?

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:30

Teknologi

Rekomendasi Smartphone Android Kamera Terbaik 3 Jutaan

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:27

Kesehatan

Ketahui Penyebab Kanker Sebelum Terjadi, Ternyata Ini

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:23

Kesehatan

Cara Membersihkan Karang Gigi, Mudah Dan Aman

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:21