Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan, Cek Disini

- Penulis Berita

Kamis, 26 Oktober 2023 - 20:58

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tidur memegang peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Posisi tidur yang tepat memiliki pengaruh besar terhadap kualitas tidur dan kesehatan seseorang. Ketika tubuh aktif seharian, tidur menjadi cara alami bagi tubuh untuk memulihkan diri, mengembalikan kebugaran agar dapat beraktivitas maksimal. Namun, disayangkan masih banyak orang yang belum menyadari betapa krusialnya gaya tidur yang benar untuk kesehatan mereka.

Faktanya, gaya tidur menjadi salah satu faktor kunci yang memengaruhi kualitas istirahat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa gaya tidur yang dapat mendukung kesehatan tubuh saat beristirahat di malam hari. Dalam artikel ini, akan diulas berbagai gaya tidur yang baik beserta manfaatnya.

Tips Posisi Tidur Yang Nyaman dan Lelap

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa gaya tidur yang dapat membantu kita beristirahat dengan baik dan mendukung kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa gaya tidur yang direkomendasikan untuk kesehatan:

  1. Posisi Tidur Telentang

Tidur telentang adalah gaya tidur yang pertama kali direkomendasikan. Tidur dengan posisi ini membantu menjaga kesehatan tulang belakang dan mengurangi rasa tidak nyaman pada punggung, bahu, atau leher yang bisa terasa sakit. Tetapi, penting untuk diingat bahwa tidur telentang tidak cocok untuk semua orang. Jika Anda mengalami kifosis, posisi ini mungkin akan terasa tidak nyaman dan bisa menyebabkan sakit leher. Kifosis adalah sebuah kelainan pada tulang belakang yang menyebabkan lengkungan pada bagian atas tulang belakang, sehingga tubuh tampak membungkuk.

Tidur dalam posisi telentang juga dapat menyebabkan terjadinya mengorok saat tidur. Hal ini disebabkan oleh gaya gravitasi bumi yang dapat membuat lidah tertarik ke belakang dan menghambat aliran saluran pernapasan. Akibatnya, posisi ini dapat menyebabkan terjadinya mengorok dan mengganggu kenyamanan tidur Anda sendiri atau orang lain di sekitar Anda.

Sebaiknya hindari tidur telentang jika Anda mengalami masalah dengan sleep apnea, yaitu kondisi ketika pernapasan tiba-tiba terhenti selama tidur. Juga, jika Anda memiliki masalah kesehatan pada punggung, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memilih gaya tidur ini. Dengan demikian, meskipun tidur telentang baik untuk digunakan setiap tidur, penyesuaian pada kesehatan tubuh juga perlu dilakukan.

  1. Gaya Tidur Menyamping

Sebagian orang lebih nyaman tidur dalam posisi menyamping. Posisi ini dianggap baik karena memiliki beberapa manfaat kesehatan. Tidur miring ke kiri dapat meningkatkan sirkulasi darah ke jantung dan mengurangi risiko terjadinya heartburn. Sementara itu, tidur miring ke kanan dapat melindungi jantung dari tekanan organ tubuh lain.

Gaya tidur menyamping juga dapat membantu mencegah sakit leher, sakit punggung, mengurangi dengkuran, dan mengatasi gangguan tidur yang dapat menyebabkan napas terhenti. Ibu hamil juga disarankan untuk tidur menghadap ke sisi kiri karena hal ini dapat membantu peredaran darah.

Namun, perlu diingat bahwa posisi tidur menyamping tidak selalu cocok untuk semua orang. Misalnya, tidur menghadap ke sisi kanan dapat menyebabkan naiknya asam lambung, yang dapat mengakibatkan heartburn, batuk, dan sensasi asam pada mulut.

  1. Posisi Tengkurap

Salah satu posisi tidur yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah tidur menyamping, terutama jika miring ke kiri. Posisi ini dapat mengurangi dengkuran, menjaga kesehatan pencernaan, dan mengurangi timbulnya mulas pada perut. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa tidur dalam posisi ini mungkin memiliki beberapa efek buruk. Posisi menyamping dapat menyebabkan kekakuan pada bahu dan bagian tubuh lainnya, serta dapat mengakibatkan timbulnya kerutan. Oleh karena itu, disarankan untuk mencari posisi alternatif agar efek buruk dapat dihindari.

Meskipun tidur tengkurap tidak banyak dipilih oleh orang karena seringkali dianggap tidak nyaman, posisi ini sebenarnya baik bagi mereka yang mengalami masalah mendengkur atau sleep apnea. Namun, tidur tengkurap juga dapat menyebabkan rasa sakit pada leher dan punggung, yang mungkin membuat Anda merasa lelah dan otot menjadi tegang. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan bantal di bagian bawah perut untuk mengurangi tekanan pada punggung.

Kondisi yang kondusif untuk tidur Kualitas tidur yang baik itu seperti apa? Bagaimana kita bisa meningkatkan kualitas tidur yang baik? Melansir dari Centers for Disease Control and Prevention, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum tidur. Persiapan ini untuk membantu kamu menciptakan suasana yang kondusif dan dapat membuatmu lebih mudah tertidur. Berikut adalah beberapa tips penting tentang menciptakan lingkungan tidur yang baik yang perlu kamu perhatikan:

  1. Pastikan kamar tempat kamu tidur dalam keadaan bersih dan rapi.
  2. Sesuaikan suhu kamar agar sejuk (tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin).
  3. Padamkan lampu, atau pakai lampu tidur yang redup.
  4. Hindari menggunakan gadget atau handphone saat sudah di tempat tidur. Jika kamu belum mengantuk, membaca buku bisa menjadi pilihan.
  5. Matikan gadget atau handphone, atau senyapkan bunyi notifikasinya.

Dengan mengetahui posisi tidur yang baik untuk kesehatan, kamu dapat memaksimalkan kualitas istirahatmu dan menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik. Jadi, cobalah berbagai gaya tidur ini dan pilih yang paling nyaman dan cocok untukmu!

Berita Terkait

Waspadai Kanker Serviks Kenali Gejala dan Pencegahannya
Wabah Pneumonia Di China Gemparkan Warganet, Ini Faktanya
Jokowi Ungkap Tingkat Stress Guru Cukup Tinggi, Berikut Datanya
Tips Mengurangi Bau Badan Yang Ampuh
Ketahui Penyebab Kanker Sebelum Terjadi, Ternyata Ini
Cara Membersihkan Karang Gigi, Mudah Dan Aman
Tips Mengatur Gula Darah, Jauhi Diabetes
Ketahui Berbagai Macam Penyebab Sakit Perut

Berita Terkait

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:37

Banjir Jakarta Timur Capai Ketinggian Hampir 2 Meter?

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:34

Kiki Fatmala Meninggal Dunia Berjuang Lawan Komplikasi Kanker

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:23

Pengungsi Rohingya Tidak Puas Dengan Makanan Yang Diberikan, Ini Kronologinya

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:21

Elon Musk Dukung Israel, Berikan Sumbangan Dan Siap Memfasilitasi

Sabtu, 2 Desember 2023 - 18:17

Agresi Gaza Belum Selesai, Perdana Menteri Israel Angkat Bicara

Jumat, 1 Desember 2023 - 16:43

Pria Tewas Tanpa Identitas di Malang Tergeletak Bersimbah Darah

Jumat, 1 Desember 2023 - 15:49

Gencatan Senjata Israel Hamas Diperpanjang, Namun Serang Tepi Barat?

Kamis, 30 November 2023 - 21:16

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah Indonesia Dilanda Banjir

Berita Terbaru