Sempat Ramai Jamur Enoki Sebabkan Wabah Listeria, Berikut Faktanya

- Penulis Berita

Kamis, 12 Oktober 2023 - 22:07

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pada Maret-April 2020, jamur enoki atau jamur jarum emas diidentifikasi sebagai penyebab wabah Listeria di Amerika Serikat. jamur jarum emas yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes telah menyebabkan 4 orang meninggal dan 30 orang harus dirawat secara intensif di rumah sakit. Wabah listeria akibat jamur jarum emas menyebar di Korea Selatan dan AS. FDA melaporkan kasus-kasus di berbagai negara bagian AS, termasuk Arizona, California, Florida, Hawaii, Indiana, Kentucky, Maryland, Massachusetts, Michigan, Missouri, New Jersey, New York, North Carolina, Rhode Island, Tennessee, Virginia, dan Washington.

Laman CDC melaporkan bahwa Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-obatan Korea menemukan bakteri Listeria monocytogenes pada jamur jarum emas yang diproduksi oleh dua perusahaan di Korea pada 18 Maret 2020. Diduga, bakteri ini berasal dari bahan baku jamur yang sudah lewat masa simpannya. Jamur enoki, juga dikenal sebagai enokitake, jarum emas, futu, atau jamur lily, merupakan jamur putih tipis panjang yang biasanya dijual dalam kelompok. Jamur ini populer dalam masakan Asia Timur.

 

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Apakah Hanya Jamur Enoki Yang Menjadi Penyebab Wabah Listeria ?

Dikutip dari Wikipedia, jamur jarum emas adalah jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Jamur ini juga dikenal sebagai jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas. Di wilayah dunia beriklim sejuk, jamur tumbuh di alam bebas pada suhu udara rendah dari musim gugur hingga awal musim semi. Jamur juga diketahui tumbuh di bawah salju, tumbuh di permukaan batang pohon Celtis sinensis yang sudah melapuk, sehingga disebut Enokitake. Jamur jarum emas memiliki beragam sebutan, di antaranya enokitake, velvet foot, golden needleLily mushroom, paengi beoseot, enoko-take, nam kim cham (Vietnam), dan jingu (di China). Selain itu, jamur juga bisa tumbuh di permukaan batang kayu lapuk pohon-pohon berdaun lebar seperti Bebesaran dan Kesemek. Sayangnya, jamur ini sering dianggap sebagai hama bagi beberapa produk pertanian.

Tidak hanya jamur enoki, bakteri penyebab listeriosis juga dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan seperti buah melon, daging, keju, dan kecambah. Untuk menghindari wabah listeria, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  • Hindari mengonsumsi susu yang belum dipasteurisasi.
  • Pastikan untuk memasak jamur, kecambah, dan sayuran dengan baik sebelum dikonsumsi, untuk menghilangkan bakterinya.
  • Segera simpan melon yang sudah dipotong di lemari es dan konsumsi dalam waktu tidak lebih dari 7 hari.
  • Pastikan untuk memasak daging dengan baik sebelum dikonsumsi, baik dalam keadaan matang atau mentah.
  • Jauhi konsumsi ikan asap yang kebersihannya tidak terjamin.

Berikut adalah beberapa fakta tentang jamur jarum emas yang menjadi penyebab wabah listeria:

  1. Asal Jamur dari Korea. Wabah listeria yang terjadi diyakini berasal dari jamur jarum emas yang diproduksi oleh Sun Hong Foods dari Korea. Setelah wabah terjadi dan menewaskan 4 orang, pihak Sun Hong Foods segera menarik semua jamur jarum emas yang beredar di pasaran. US Food and Drug Administration juga mengimbau masyarakat yang memiliki jamur jarum emas merek Sun Hong Foods untuk tidak mengonsumsinya meskipun kondisinya segar.
  2. Asli dari Asia. Jamur jarum emas merupakan bahan umum dalam masakan oriental seperti masakan Jepang dan Korea. Hal ini tidak mengherankan karena jamur bernama latin Flammulina velutipes ini berasal dari Asia, tepatnya Jepang dan Korea. Di China, jamur jarum emas disebut dengan nama Jingu, sementara di Vietnam disebut tram vang atau kim cham.
  3. Di China, jamur jarum emas dijadikan sebagai obat tradisional. Jamur enoki memiliki banyak manfaat kesehatan. Di China, jamur ini bahkan dijadikan sebagai obat tradisional. Tingginya kandungan protein dalam jamur jarum emas juga membuatnya diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini telah terbukti dalam sebuah penelitian dari Frontiers in Pharmacology. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kandungan protein dalam jamur jarum emas sebanding dengan sayuran berdaun hijau. Protein tersebut berperan sebagai salah satu komponen dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh makhluk hidup. jamur jarum emas mengandung quercetin, catechin, asam galat, dan asam caffeic, yang memiliki peran sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

Meski begitu, jamur ini banyak digunakan dalam berbagai masakan, terutama di Jepang, Korea, Cina, dan Vietnam. jamur jarum emas memiliki tekstur garing dan aroma segar. Sebelum digunakan dalam masakan, bagian akar perlu dipotong.Jamur segar dapat disimpan di lemari es sampai satu minggu. jamur jarum emas kaya serat, protein, vitamin B, dan mineral. Satu mangkuk jamur mentah dapat menyediakan 20 kalori, dan tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan cocok untuk diet.

 

Bukan hanya itu saja, jamur enoki mengandung senyawa flammulin yang bersifat anti kanker dan tumor, dapat menstimulasi sistem imun, serta memiliki aktivitas anti viral dan anti bakteri. Jamur ini juga mengandung senyawa lain yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Penelitian juga menunjukkan bahwa Enokitake dapat bermanfaat dalam perawatan lymphomia dan kanker prostatListeria atau listeriosis adalah penyakit yang ditularkan melalui makanan yang telah terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala yang mirip seperti flu, seperti demam, sakit kepala, sakit punggung, menggigil, mual, muntah, dan diare. Tanpa penanganan yang cepat, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi berupa bakteremia dan meningitis.

 

Berita Terkait

Tips Mengurangi Bau Badan Yang Ampuh
Ketahui Penyebab Kanker Sebelum Terjadi, Ternyata Ini
Cara Membersihkan Karang Gigi, Mudah Dan Aman
PNS Gaji Tunggal Akan Segera Ditetapkan, Berikut Detailnya
Dunia Desak Israel Gencatan Senjata, Akankah Disetujui?
Kondisi WNI Di Gaza Memprihatinkan, Begini Tanggapan Dubes
RS Indonesia Di Gaza Hancur Diserang Tentara Israel
Tips Mengatur Gula Darah, Jauhi Diabetes

Berita Terkait

Senin, 27 November 2023 - 21:43

Rekor CR7 Belum Habis, Catatkan 48 Gol Di Tahun 2023

Sabtu, 25 November 2023 - 17:46

Semi Final Piala Dunia U-17 Semakin Menarik, Ada Jerman

Sabtu, 25 November 2023 - 17:43

Review Pertandingan Seru Argentina vs Brasil yang Sempat Ricuh

Senin, 20 November 2023 - 00:04

Hasil Indonesia Vs Maroko U-17, Laga Penentuan

Kamis, 16 November 2023 - 13:48

Jelang Ikuti Kualifikasi Piala Dunia, Ini Persiapan Timnas Indonesia

Senin, 13 November 2023 - 19:31

Indonesia Vs Ekuador Piala Dunia U-17 2023 Berakhir Imbang

Senin, 13 November 2023 - 19:28

Pembagian Grup dan Jadwal Piala Dunia U-17 2023

Minggu, 12 November 2023 - 20:36

Update Piala Dunia FIFA U-17, Pegawai FIFA Mulai Berdatangan

Berita Terbaru

Kesehatan

Tips Mengurangi Bau Badan Yang Ampuh

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:32

Teknologi

Resmi Gandeng Tokopedia, TikTokshop Kembali?

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:30

Teknologi

Rekomendasi Smartphone Android Kamera Terbaik 3 Jutaan

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:27

Kesehatan

Ketahui Penyebab Kanker Sebelum Terjadi, Ternyata Ini

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:23

Kesehatan

Cara Membersihkan Karang Gigi, Mudah Dan Aman

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:21