Sudah 4 Hari, Kebakaran TPA Rawa Kucing Masih Belum Padam

- Penulis Berita

Selasa, 24 Oktober 2023 - 23:34

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kota Tangerang, 23 Oktober 2023 – Hari keempat berlalu sejak Kebakaran TPA Rawa Kucing (Tempat Pembuangan Akhir Sampah Rawa Kucing) di Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang terjadi. Upaya pemadaman terus berlanjut, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengerahkan helikopter water bombing untuk mengatasi situasi krusial di pintu tiga TPA tersebut.

Kebakaran yang terjadi sejak Jumat, 20 Oktober 2023, telah mengancam wilayah sekitar, termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang berdekatan. Proses pemadaman dibantu oleh BNPB, dan saat ini hanya 30 persen wilayah yang terbakar yang masih belum padam. Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, berharap agar api segera bisa dipadamkan total.

Kebakaran TPA Rawa Kucing Akan Dipadamkan Dengan Heli Water Bombing

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Heli water bombing mampu mengangkut 1.500 liter air dalam satu kali penerbangan. Upaya pemadaman dilakukan sebanyak tiga shift, mulai dari pagi hingga sore, untuk memastikan kebakaran dapat dikuasai. Helikopter ini terus beroperasi sejak pukul 07.30 WIB dan menggunakan air dari Sungai Cisadane, yang berada dekat dengan TPA tersebut. Selain melalui udara, pemadaman juga dilakukan melalui jalur darat dengan ratusan personel pemadam kebakaran yang berjuang untuk memadamkan titik api.

Meskipun bantuan dari BNPB telah datang, penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan, namun kondisi cuaca ekstrem dan panas yang terik menjadi faktor yang memperparah situasi. Sekitar 10 hektar lahan TPA Rawa Kucing telah terbakar, dan api masih membara hingga saat ini.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, dengan tegas menyampaikan bahwa dalam rangka penanggulangan dampak dari kebakaran TPA Rawa Kucing yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Rawa Kucing, telah disediakan dua lokasi pengungsian bagi warga yang terdampak. Lokasi ini terletak di Kantor Kecamatan Neglasari dan Gelanggang Olahraga (GOR) Neglasari. Saat melangkah ke hari keempat sejak peristiwa tragis ini terjadi, pada pukul 09.30 WIB, terdapat rincian yang menggambarkan jumlah warga yang mengungsi di kedua lokasi tersebut. Di GOR Neglasari, tercatat lima orang lansia, 47 orang dewasa, 22 anak-anak, dan tujuh bayi. Sementara di Kantor Kecamatan Neglasari, terdapat dua orang lansia, 35 orang dewasa, 20 anak-anak, dan 16 bayi. Dengan adanya fasilitas pengungsian ini, diharapkan masyarakat yang terkena dampak dapat mendapatkan bantuan dan perlindungan selama proses penanganan kebakaran berlangsung.

Meskipun upaya pemadaman terus dilakukan, situasi yang memprihatinkan ini telah memaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang untuk menetapkan kebakaran di TPA Rawa Kucing sebagai bencana daerah. Keputusan ini terpaksa diambil karena dampak kebakaran yang signifikan, termasuk merambat hingga ke pemukiman warga.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Maryono, menyatakan, “Kebakaran TPA Rawa Kucing ini sudah masuk atau berstatus sebagai bencana daerah.” Keputusan ini juga dipengaruhi oleh lokasi TPA Rawa Kucing yang berdekatan dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal ini membuat kebakaran di TPA Rawa Kucing menjadi perhatian nasional.

Andri S Permana, seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, secara tegas menyuarakan pandangannya terkait penanganan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Rawa Kucing. Menurutnya, penetapan status bencana daerah dinilai terlambat dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang, hal ini mengingat dampak yang telah merambah dan mengancam keselamatan serta kesehatan masyarakat di sekitar lokasi kejadian. Dalam konteks ini, Andri memandang bahwa kolaborasi dan peran aktif dari berbagai daerah hingga tingkat nasional sangatlah penting untuk bersama-sama memadamkan api yang masih membara. Dia mendorong agar sumber daya dan tenaga dari seluruh instansi terlibat dalam upaya pemadaman ini dapat digerakkan dengan segera, demi melindungi masyarakat dan lingkungan sekitar dari ancaman yang terus berlanjut.

Situasi di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing semakin memburuk seiring dengan meningkatnya suhu yang dirasakan oleh warga sekitar. Hawa panas yang menyengat menjadi tantangan tambahan bagi mereka yang berada di area terdampak kebakaran TPA Rawa Kucing. Untuk mengatasi hal ini, mobil-mobil tangki milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang terus bergerak dengan gigih, bekerja tanpa henti untuk menyuplai air yang sangat diperlukan dalam upaya pemadaman. Dalam kondisi yang begitu menguras tenaga, para petugas BPBD menunjukkan tekad dan komitmen mereka untuk memastikan kebakaran dapat segera dipadamkan, sehingga membawa harapan bagi masyarakat yang tengah mengalami kesulitan akibat kejadian ini.

Kebakaran TPA Rawa Kucing menjadi peringatan penting tentang perlunya penanganan sampah yang lebih aman dan efisien. Selain itu, situasi ini juga menunjukkan perlunya koordinasi yang baik dalam menangani bencana alam dan dampak lingkungan. Semoga upaya pemadaman terus berjalan lancar, dan situasi segera dapat dikendalikan sehingga kehidupan masyarakat sekitar dapat kembali normal. Kami berharap agar penyebab kebakaran dapat diidentifikasi dengan cepat untuk menghindari kejadian serupa di masa depan.

Berita Terkait

PNS Gaji Tunggal Akan Segera Ditetapkan, Berikut Detailnya
Dunia Desak Israel Gencatan Senjata, Akankah Disetujui?
Kondisi WNI Di Gaza Memprihatinkan, Begini Tanggapan Dubes
RS Indonesia Di Gaza Hancur Diserang Tentara Israel
Biaya Haji Terbaru, Berikut Cara Mempersiapkannya
Peta Koalisi Partai Menuju Pilpres 2024, Mana Lebih Kuat?
Suku Rohingya Datang Ke Aceh, Warga Tolak Dengan Tegas
Gempa Filipina Sebesar 6,7 Magnitudo Sebabkan Kerusakan Cukup Parah

Berita Terkait

Senin, 27 November 2023 - 21:43

Rekor CR7 Belum Habis, Catatkan 48 Gol Di Tahun 2023

Sabtu, 25 November 2023 - 17:46

Semi Final Piala Dunia U-17 Semakin Menarik, Ada Jerman

Sabtu, 25 November 2023 - 17:43

Review Pertandingan Seru Argentina vs Brasil yang Sempat Ricuh

Senin, 20 November 2023 - 00:04

Hasil Indonesia Vs Maroko U-17, Laga Penentuan

Kamis, 16 November 2023 - 13:48

Jelang Ikuti Kualifikasi Piala Dunia, Ini Persiapan Timnas Indonesia

Senin, 13 November 2023 - 19:31

Indonesia Vs Ekuador Piala Dunia U-17 2023 Berakhir Imbang

Senin, 13 November 2023 - 19:28

Pembagian Grup dan Jadwal Piala Dunia U-17 2023

Minggu, 12 November 2023 - 20:36

Update Piala Dunia FIFA U-17, Pegawai FIFA Mulai Berdatangan

Berita Terbaru

Kesehatan

Tips Mengurangi Bau Badan Yang Ampuh

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:32

Teknologi

Resmi Gandeng Tokopedia, TikTokshop Kembali?

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:30

Teknologi

Rekomendasi Smartphone Android Kamera Terbaik 3 Jutaan

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:27

Kesehatan

Ketahui Penyebab Kanker Sebelum Terjadi, Ternyata Ini

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:23

Kesehatan

Cara Membersihkan Karang Gigi, Mudah Dan Aman

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:21